Sabtu, 07 Februari 2009

Ketika Makam pun Tergusur ...


Beberapa hari yang lalu ada satu buah pesan masuk di ponsel saya, pengirimnya adik saya, bunyinya “Gw lihat di TV, katanya ada 3.500 kuburan di Menteng Pulo mau digusur. Oma sama Bokap gimana ?”

Berhubung akhir-akhir ini sedang musim hujan dan walaupun jarak kuburan tersebut cukup dekat dari kantor, rasanya saya malas sekali untuk pergi ke kantor pemakaman umum di Menteng Pulo. Bukan apa-apa, macetnya itu lho yang tidak tertahankan.

Saya pun tenang-tenang saja, sampai 2 hari yang lalu, sepupu saya mengirimkan pesan ke ponsel saya, dengan jenis pertanyaan yang sama. Tiba-tiba saya jadi teringat penggalan kisah di bukunya Budiman Hakim, “Sex After Dugem, Catatan Seorang Copy Writer”, ketika ia bercerita tentang pengalaman dirinya ketika makam almarhum ayahnya digusur dari Karet ke Tanah Kusir. Bagaimana perasaannya ketika penggalian makam almarhum ayahnya dilakukan dan masalah yang timbul sesudah makamnya dipindahkan ke tempat yang ditentukan oleh pemerintah.

Budiman Hakim saja, yang almarhum ayahnya sudah meninggal selama 8 tahun, masih merasa sedih. Bagaimana saya yang 1 tahun pun belum.

Budiman Hakim miris hatinya melihat tulang-belulang almarhum ayahnya;

Saya ? Membayangkannya saja pun saya tidak sanggup, apalagi saya harus memindahkan makam 2 orang yang sangat dekat di hati saya, nenek tercinta saya, yang memanjakan saya seperti seorang putri raja dan ayah saya, yang kepergiannya pun hingga kini masih saya tangisi.

Belum melangkah ke kantor pemakaman umum pun untuk menanyakan kebenaran berita itu lutut saya sudah lunglai; entah bagaimana nanti.

Saat ini saya hanya sanggup mengirimkan pesan balasan ke sepupu saya, “Kalau Oma dan Bokap harus digusur, saya bawa saja ke Menado, dikubur di makam keluarga di Tondano saja.”

Memang jaraknya jauh sekali, tetapi minimal saudara-saudara saya ada di sana. Mungkin juga tidak ada yang berkunjung, tetapi setidaknya kemungkinan digusur tidak ada, karena pemerintah tidak memiliki hak atas tanah itu. Di samping itu keinginan ayah saya untuk dimakamkan di Menado tercapai dan nenek tercinta saya bisa kembali ke tanah kelahirannya, berdampingan dengan kakek saya.

Setidaknya, jika anak dan cucu saya pulang ke kampung halaman ibunya, mereka masih bisa melihat makam nenek moyangnya.

Bagaimana kalau saya meninggal nanti. Rasanya saya berpikir logis saja, daripada menyusahkan mereka, harus mencari lahan untuk kemudian digusur lagi, menyaksikan upacara penggalian jasad saya, lebih baik saya dibakar saja dan abunya dilarung di laut.

Beberapa tahun yang lampau saat suami sepupu saya yang beragama Hindu Bali meninggal, ada upacara Pelebon. Saya masih ingat sepupu saya menceritakan makna dari Upacara Pelebon itu, bahwa ketika meninggal tugas manusia di dunia ini sudah selesai dan ketika jiwanya berangkat menghadap sang Pencipta, maka abunya pun di larung ke laut, sehingga tidak ada lagi yang tersisa di dunia ini dan yang ditinggalkan dapat melanjutkan hidupnya.

Arti dari upacara Pelebon itu begitu melekat di hati saya.

Mungkin saya salah, tetapi bagi saya itu jalan terbaik. Hidup mereka akan lebih ringan. Makan hanyalah alat perantara mereka mengenang saya. Tetapi sesungguhnya kenangan mereka akan saya bukanlah karena melihat "alat perantara" itu, yang membuat keterikatan mereka akan diri saya adalah kenangan mereka tentang saya yangterus hidup di dalam hati mereka.

Jadi ketika waktunya tiba, saya memilih makna dari Upacara Pelebon. Semuanya kembali lagi kepada Sang Pencipta, tak ada yang tersisa di dunia ini, dan yang ditinggalkan pun dapat melanjutkan hidupnya dengan ringan ....

5 komentar:

Devi Girsang, MD mengatakan...

Wahhh, dalem banget nih Jui makna postingannya!

Tapi emang bener sih makam itu kadang cuma menjadi simbol agar keluarga yg ditinggalkan "tidak lupa". Rata2 orang Chinese juga sama kok, lebih milih dikremasi ketimbang dikubur.

Lagian gw percaya, yg akan diingat dari manusia yg meninggal itu buat letak kuburannya, tapi perbuatan baiknya selama dia masih hidup.. yang bikin orang berbondong2 datang ke rumah duka (kayak film PAY IT FORWARD, sedih banget!). Seperti pepatah; "harimau mati meninggalkan belang, orang mati meninggalkan nama" :)

Anonim mengatakan...

jeung... kadang apa yang kita pikirkan lebih baik, belum tentu lebih baik bagi orang yang kita tinggalkan...

bagi sebagian orang, mengunjungi makam adalah bentuk kecintaan mereka pada orang yang sudah tiada... dan wujud fisik yang bisa mereka sentuh dan mereka tetesi air matanya hanyalah pusara kita... makam kita, yang mungkin bagi kita sendiri sebetulnya sudah tidak ada maknanya sama sekali...

But Our grave is the simbolism for them... to make them feel our appearance... bahwa kita masih ada disana... dan mereka masih dapat datang sesekali, bercerita dihadapan makam betapa kerasnya kehidupan ini... menuangkan air diatas pusara, dan menaburkan bunga-bunga beserta seluruh energi cinta yang kita punya... diatas pusara orang yang kita cintai...

Lalu pulanglah kita dengan hati yang legaaaa banget... lega, karena kita baru saja melepaskan cinta... Giving away our love, makes us feel LOVED... that's the law of attraction bukan? :)

Jadi, think again about the pelebon ritual yahhh :)

*hugsssssssssssss*

sorry for your belated father yahhh... let him go, curahkan cinta dengan memindahkan pusaranya ke menado (I think it's a very good idea jeung...)

semoga prosesnya dimudahkan yahhh :)

Anonim mengatakan...

Aku juga mikirnya begitu Tere.. mending aku dikremasi, beres n selesai he2.. dp dimakan belatung.. iiihh!! ha2.. :D

Tp apa yg dikatakan mbak silly ada benernya.. :)

Ori mengatakan...

sorry about your Dad and GrandMa ya.
Sering kepikiran juga, ttg kremasi, tp ga Biblical ya?
Yg lucu San Diego Hills memorial park itu ya :-D real estatenya kuburan. Mungkin cacing and belatungnya lebih bersih and elite kali ya heheh. *Sorry for the bad joke*

tere616.blogspot.com mengatakan...

@Devi : Ya, ketika kita meninggal nanti, pasti yang diingat mereka adalah kenangan mereka tentang kita, bisa buruk atau baik, tergantung kesan yang kita tinggalkan.

@Silly : It's not easy, even for myself :-) Pertanyaan yang sama dilontarkan kedua putri kesayanganku, "Kalau aku kangen Bunda bagaimana", lalu aku bilang, dengerin aja lagu "Somewhere over the rainbow..." dan bayangkan Bunda di langit atas sana sedang melihat kalian :-)

Hehehehe, aku sendiri berkaca-kaca ketika bicara dengan mereka.

Mereka akhirnya mengerti, entah nanti, ketika saatnya tiba. Thanks for the advice Sil :-)

@Soe : Hehehe, aku sih nggak mikir sampai dimakan belatung. Aku cuma mikir bahwa keterikatan mereka dan aku hanya sampai sebatas mereka, atau jika aku hidup lama mungkin sampai sebatas anak-anak mereka. Sesudahnya ? tentu susah merangkai kenangan indah. Sama seperti nenekku sekarang ini, susah buat si kedua putriku itu merangkai kenangan indah ttg mereka.

Yang dibilang Silly, benar, itu tidak bisa dipungkiri, karena ketika rasa sesak karena rindu itu datang, aku masih bisa datang ke makam ayahku. Tapi entah nanti, ketika aku pindahkan ke Menado :-(

@Ori : Thank you. Hehehe, iya tuh, waktu lihat brosurnya sampai bengong. Ada kolam renangnya lagi. Bagaimana konsepnya ya ? Berenang sambil nyekar ? Mana aku takut sama Hantu lagi. Nggak ngebayangin pas lagi berenang trus tutup mata, lalu hiiiiyyyyyyy